Senin, 18 Maret 2013

Cara Jitu menjawab Pertanyaan Anak (part 2)

A. Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak

Sebelum ibu dan bapak menjawab pertanyaan yang muncul dari anak, ada baiknya jika ibu dan bapak memahami ciri-ciri dari kemampuan bahasa anak. Dengan demikian diharapkan ibu dan bapak tidak akan salah dalam menjawab pertanyaan anak.

1. Usia 6-12 bulan

Kemampuan Bahasa :

a. Dapat melambaikan tangan.

b. Menoleh ketika namanya dipanggil.

c. Paham nama-nama dari benda-benda yang dikenalinya.

d. Senang melihat buku bergambar.

e. Memerhatikan jika ada orang yang bercakap-cakap.

f. Menyebutkan satu kata.

g. Mengoceh seakan-akan sedang berbicara.

h. Mengatakan “ma… ma” atau “da… da”.

i. Mengidentifikasi anggota keluarga dan benda-benda yang dikenalnya.

j. Menunjuk beberapa anggota tubuhnya seperti hidung, telinga.

k. Mengikuti satu perintah sederhana.

l. Mengucapkan dua kata atau lebih.

m. Menirukan bunyi-bunyian yang dikenalnya, seperti bunyi mobil, suara kucing.

n. Mengulangi beberapa kata.

o. Memerhatikan orang yang mengajaknya bicara.

p. Mengatakan “dadah” atau “ekom” (untuk assalamualaikum) jika diingatkan.

q. Menggunakan bahasa ekspresi “oh… oh”.

r. Meminta sesuatu sambil menunjuk pada bendanya.

s. Mengidentifikasi benda yang ada di buku bergambar.

t. Bisa mengatakan sekitar 50 kata, tapi bisa memahami lebih dari itu.

2. Usia 12 bulan (1 tahun) – 24 bulan (2 tahun)

Kemampuan Bahasa :

a. Menirukan satu kata yang diucapkan oleh orang lain.

b. Berbicara sendiri.

c. Menyebutkan nama dari mainan dan benda-benda yang dikenalnya.

d. Menggunakan dua atau tiga kata dalam kalimatnya “mama minum” “bapak pergi kantor”.

e. Bersenandung atau mencoba sebuah lagu sederhana.

f. Mendengarkan lagu anak-anak.

g. Menunjuk anggota tubuh yang diminta seperti, “Mana mata?” “Mana hidung?”, “Mana telinga?”

h. Menggunakan kata “daaah”, “minta”, “terima kasih”.

i. Bisa mengidentifikasi 10 gambar yang ada di buku jika disebutkan.

j. Menggunakan kalimat sederhana.

k. Merespons jika namanya dipanggil.

l. Merespons pada petunjuk yang sederhana.

3. Usia 24 bulan (2 tahun) – 36 bulan (3 tahun)

Kemampuan Bahasa :

a. Menikmati cerita dan lagu yang sederhana.

b. Menggunakan dua atau tiga kata dalam kalimatnya.

c. Menikmati melihat-lihat buku.

d. Menunjuk pada mata, telinga dan hidung yang disebutkan.

e. Mengulangi kata-kata yang diucapkan orang lain.

f. Kosakatanya sudah bertambah menjadi 500 kata.

g. 75—80% cara berbicaranya sudah jelas dan bisa dimengerti.

h. Bisa mengatakan nama depan dan nama lengkapnya.

i. Memahami kata-kata yang menunjukkan posisi seperti di atas, di bawah, pada, dan di dalam.

j. Memahami sekarang, sebentar lagi, dan nanti.

k. Bertanya dengan pertanyaan siapa, apa, di mana, dan mengapa.

l. Bicaranya sudah menggunakan 3 sampai 5 kata dengan lengkap.

m. Kadang bicaranya terlalu cepat atau gagap.

n. Senang mengulang-ulang kata dan bunyi.

o. Menyimak cerita pendek.

p. Menyukai cerita yang sudah dikenalnya dan diceritakan dengan sama.

q. Menikmati dongeng.

4. Usia 36 bulan (3 tahun) – 48 bulan (4 tahun)

Kemampuan Bahasa :

a. Bisa menyanyi.

b. Mengenali suara-suara yang ada sehari-hari.

c. Bisa mengidentifikasi warna primer seperti merah, biru, kuning, hijau.

d. Mengenali beberapa huruf yang diajarkan dan mungkin bisa menulis namanya sendiri.

e. Mengenali kata-kata yang tidak asing dari buku sederhana atau simbol-simbol (stop, M untuk Mc Donald).

f. Berbicara dengan kalimat yang cukup kompleks.

g. Menikmati lagu sederhana.

h. Belajar tentang nama, alamat, dan nomor telepon.

i. Bertanya dan menjawab pertanyaan siapa, apa, mengapa, di.mana dan jika.

j. Menyebutkan enam hingga delapan warna dan tiga bentuk.

k. Mengikuti dua perintah yang tidak berhubungan, seperti “Minum susumu kemudian pakai sepatu sebelum berangkat sekolah.”

l. Senang bicara dan mengelaborasi (membuat) kalimat.

m. Senang menggunakan kata-kata yang mengejutkan orang lain.

n. Melucu yang tidak masuk akal orang dewasa.

5. Usia 48 bulan (4 tahun) – 60 bulan (5 tahun)

Kemampuan Bahasa :

a. Berbicara dengan kata-kata dan tata bahasa yang benar.

b. Bisa mengekspresikan dirinya melalui bermain peran.

c. Menulis namanya sendiri, huruf, dan angka.

Membaca kata-kata yang sederhana.

Tip Mengembangkan Kecerdasan Kemampuan Bahasa Anak

Untuk mengembangkan kecerdasan anak melalui bahasa, ada beberapa hal yang perlu dilakukan ibu dan ayah, di antaranya:

1. Memberikan respons/tanggapan secepat mungkin. Ketika anak bertanya kepada kita, segeralah menjawabnya. Jangan menyia-nyiakan rasa ingin tahu dan kesempatan emas anak untuk belajar sesuatu.

2. Menyediakan jawaban yang sesuai dengan kemampuan berpikir anak.

3. Berikan pertanyaan yang terkait dengan apa yang sedang anak tanyakan atau perhatikan. Siapkan pertanyaan pancingan agar anak mau menjawab secara lebih lengkap.

4. Berikan jawaban sebatas yang ditanyakan. Jawaban yang panjang lebar dapat membuat anak bingung.

5. Lakukan kontak mata ketika berbicara dengan anak. Usahakan untuk menyesuaikan dengan tingkat

penglihatan anak. Bila perlu, berjongkoklah ketika berbicara dengan anak, sehingga ia bisa melihat mata kita dan sebaliknya.

6. Jika orangtua tidak bisa menjawab, coba cari jawaban dengan berusaha bersama anak, sehingga anak juga belajar bagaimana mencari sumber jawaban. Jangan asal menjawab karena anak-anak dapat salah mengerti

0 komentar:

Posting Komentar